30 Agu 2009

Woi..Dah RAMADHAN nih!

“Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa...” (Bimbo)
Tentunya kita sudah sering bercengkerama dengan bulan yang satu ini. Bulan ini diapit oleh bulan sya’ban dan syawal. Hmm, Cuma pengenalan kok. Tahu kan mau apa kita saat ramadhan? Yup, puasa! Itulah salah satu rukun islam yang wajib kita penuhi. Apalagi kita udah pada baligh.

Nah, apa sih istimewanya bulan “ini”? bulan ini bulan spesial karena Cuma dikasih untuk orang-orang beriman. Kamukah orang beriman itu? Bulan ramadhan juga merupakan bentuk perhatian Allah buat kita. Coba aja, pintu syurga dibuka dan pintu neraka ditutup, setan-setan diiket, pahala dibagi-bagi, dan kita bisa cuci darah (ups!) cuci dosa maksudnya di bulan barokah ini. Wheww, reward yang gak tanggung-tanggung! Mumpung lagi banyak reward, yuk coba kita membaca diri kita, sudahkah kita menjadi muslimah yang taat? Sudahkah kita melakukan semua perbuatan sebaik-baiknya? Akankah terminal hidup kita ini bermuara pada Allah? Pada Syurga-Nya? Atau justru ke neraka-Nya? Na’udzubillah...nah, mumpung masih tinggal di dunia nih, yuk kita bebenah diri mempersiapkan kematian yang selalu mengikuti kita, tapi kita tak tahu kapan kematian itu menjelang..? gampang aja caranya, coba kita lihat hal-hal simple seperti mencoba sholat tepat waktu (gak mepet adzan berikutnya), terapin 6S (senyum, sapa, salam, sopan, santun, dan salaman), menutup aurat (ayo, coba manfaatin Ramadhan. 30 hari pakai jilbab kan ga sebanding dengan 11 bulan sebelumnya kita mengumbar aurat kita, siapa tahu hidayah Allah dateng, trus kita ‘keterusan’ pakai jilbab deh sampai akhir hayat kita..), dan berbagai kegiatan positif lainnya.

omong-omong soal puasa, banyak lho manfaatnya! Kita bisa menahan hawa nafsu sehingga kita bisa mengendalikannya. Puasa juga melatih diri kita supaya lebih peka terhadap kemiskinan, dan masalah-masalah sosial lainnya. Nah, puasa juga mendisiplinkan kita apalagi organ-organ dalam tubuh kita karena kita memberikan waktu istirahat untuk mereka.

Kalau puasa, sunnahnya kan sahur tuh, melalui sahur kita jadi terbiasa bangun pagi, bisa dibiasakan sholat tahajud deh dan subuhnya jadi gak telat. Kan bagus tuh, menambah tabungan amal kita, toh?

“Ada tiga akhlak para Rasul yaitu: mempercepat buka, memperlambat sahur dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika shalat.” (HR. Thabrani)
“Ummatku akan selalu dalam keadaan baik selama mereka mempercepat berbuka dan memperlambat sahur.”(HR. Ahmad)

Nah, sudahkah kamu punya targetan? Kalau belum, ayo cepat dibuat..mumpung masih ramadhan nih..



*asri nur chiquita,
syaja'ah 28
matematika-fmipa ui, 2008*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar